Il Principle (Sang Pangeran)

Share

Rabu, 16 Juni 2010

Judul Buku : Il Principle (Sang Pangeran)

Penulis : Niccolo Machiavelli

Penerbit : Narasi

Tebal : 184 halaman

Tahun Terbit : 2008


“Manusia tidak segan-segan membela dia yang mereka takuti daripada mereka cintai karena rasa cinta diikat dengan rantai kewajiban, karena manusia pada dasarnya egois, maka pada saat mereka telah mendapatkan apa yang mereka inginkan, rantai tersebut akan putus; namun rasa takut diperthankan oleh hukman-hukuman yang menakutkan yang tidak pernah gagal.” (Niccolo Machiavelli)

Machiavelli menulis buku Il Principle pada tahun 1513 dan ia persembahkan kepada keluarga Medici yang saat itu berkuasa atas Florence. Buku ini banyak bercerita tentang bagaimana cara yang seharusnya dilakukan oleh seorang pangeran dalam menggapai kekuasaan dan mempertahankannya. Namun, buku ini menyajikan cara-cara kotor yang harus dilakukan oleh sang pangeran, seperti membunuh, menipu, bersikap kejam dan licik.
Karena buku ini, nama Machiavelli sering diidentikan dengan lambang kelicikan dan kepalsuan. Bahkan, orang yang terlihat begitu ambisius dan menghalalkan segala cara dalam mencapai keinginannya, sering dianggap sebagai Machiavellis. Begitu hebatnya buku ini hingga bisa melahirkan beberapa diktator, seperti Napoleon, Hitler, Mussolini, Lenin dan Stalin. Bahkan, Napoleon selalu menaruh buku ini di bawah bantalnya sebelum tidur.
Buku ini cukup menarik untuk dibaca. Namun, bukan berarti mengajarkan kita untuk melegalkan segala cara dalam mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan. Machiavelli hanya berupaya berterus terang kepada keluarga Medici lewat buku ini. Dan kita akan menemukan antara yang salah dan benar di dalam buku ini.

Achmad Seftian, Pend. Sejarah 2008

0 komentar: