The Tielman Brothers

Share

Senin, 19 April 2010

The Tielman Brothers adalah sebuah grup musik rock n’ roll asal Indonesia yang cukup terkenal di Eropa pada tahun 1950-an. Band ini lebih dulu terkenal sebelum munculnya band rock n’ roll lainnya seperti The Beatles dan Rolling Stones. Band ini merupakan perintis rock n’ roll Belanda, namun di Belanda, aliran ini dikenal dengan istilah Indorock.

Pasangan kakak beradik ini antara lain, Andy Tielman (lead guitar, vokal), Reggy Tielman (rhytm, vokal), Ponthon Tielman (double bass, vokal) dan Loulou Tielman (drum, vokal) The Tielman Brothers pernah tampil di Istana Negara Jakarta dihadapan Presiden Soekarno. Mereka adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess asal Semarang. Karir rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. Di tahun 1958 TheTielmans Brothers punya 3 album yang jadi hits di seluruh dunia dan memiliki banyak Gibson Les Paul keluaran pertama yang baru di impor ke Belanda saat itu.

Sebelum pergi mengadu nasib ke Belanda, band yang berasal dari Maluku ini besar di Surabaya. Ketika di Surabaya, empat bersaudara Tielman kecil sering memainkan lagu-lagu daerah pada tahun 1945. Mereka tampil saat sang Ayah yang berprofesi sebagai komandan tentara KNIL sering mengajak rekan-rekannya berpesta di rumah. Ternyata, penampilan kakak beradik ini sangat memukau penonton yang hadir dalam pesta itu.
Penampilan pertama mereka adalah di Hotel De Schuur di Breda, dengan membawakan versi lain dari lagu Bye Bye Love nya The Everly Brothers. Setelah penampilan yang heboh di Belanda, The Tielman Brothers semakin dikenal di seluruh Belanda bahkan mereka sering diundang tampil di Belgia dan Jerman. Pada awal tahun 1960 The Tielman Brothers merilis 4 lagu ciptaan mereka sendiri, lagu itu antara lain My Maria, You're Still The One, Black Eyes, dan Rock Little Baby. Lagu ciptaan mereka ternyata banyak disukai oleh orang-orang Belanda.
Namun sayang, eksistensi mereka masih kurang diakui di Indonesia hingga saat ini. Padahal, musisi sekelas Paul McCartney dari The Beatles terinspirasi dari band Indorock ini dan permainan gitar seperti Jimi Hendrix yang memainkan gitar dengan gigi sebenarnya sudah pernah dimainkan sebelumnya oleh The Tielman Brothers.
Akhirnya, di tahun 1976 band ini dikabarkan bubar karena boleh dikatakan permainan musik mereka terkesan mandek dan tidak ada perkembangan alias kurang eksploratif. Mereka bermain musik di tataran yang itu-itu saja, dan itulah yang akhirnya membuat publik menjadi bosan. Begitupun, karya mereka sampai sekarang masih sangat digemari di luar negeri, terutama di Belanda.
Kini tinggal Andy Tielman saja yang masih eksis bermain musik dan tinggal di Belanda. Di usianya yang sudah semakin senja, Andy Tielman kini lebih banyak rekaman untuk lagu-lagu rohani dan sesekali tampil di publik Belanda dengan gitarnya.

Achmad Seftian (Pend Sejarah 08)

1 komentar:

avesin mengatakan...

gak nyangka indonesia pernah sekeren itu..
berarti dulu musik indonesia bukan musik plagiat ya!!